Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi singkat Sayyidina Abu Bakar Assiddiq ra

Nama Sayyidina Abu Bakar assiddiq radhiyallahu 'anhu tentu sudah tidak asing lagi. Ia adalah salah satu sosok manusia terbaik yang pernah dimiliki alam semesta. Dirinya tak akan lepas dari sejarah panjang perkembangan Islam. Maka, bagi kita ummat muslim, tentu sudah sepatutnya untuk mengenang sosok besar tersebut. Mengingat serta mempelajari riwayat hidupnya agar menambah rasa Cinta dalam dada. Karena sudah menjadi kaidah bahwa mengenal adalah lorong untuk mencintai.



Nasab Sayyidina Abu Bakar Assiddiq


Nama asli Abu Bakar Assiddiq adalah Abdullah bin Usman bin Amir bin Amrun bin Ka'ab bin Ibnu Sa'din bin Taim bin Murroh. Beliau juga dijuluki sebagai "Attaimi" karena nasabnya yang bersambung kepada Taim bin Murroh. Nasab beliau bertemu dengan nasab Nabi Muhammad pada Murroh

Ia dikuniahi sebagai Abu bakar, sedangkan ayah beliau dikuniahi sebagai Abu Quhafah. Ia berjuluk "Assiddiq" karena dirinya lah orang pertama yang membenarkan risalah yang diemban oleh Nabi Muhammad SAW.

Keistimewaan


Berbicara tentang keistimewaan beliau tentu tak akan dapat disebutkan satu persatu. Pada tulisan ini hanya akan dituliskan sebagian kecil saja.

Abu Bakar Assiddiq adalah khalifah pertama dalam Islam, sahabat terdekat Nabi Muhammad sekaligus mertua. Ia pula yang menemani Nabi di gua ketika dikejar-kejar oleh kafir Quraisy. Sosok ini juga termasuk salah satu sahabat yang mendapat jaminan masuk syurga.

 Para penulis kitab hadist mengumpulkan hadist yang diriwayatkan oleh Sayyidina Abu Bakar sebanyak 142 hadist. Jumlah tersebut hanyalah apa yang sempat tertulis oleh para ahli hadist, selebihnya tentu ada begitu banyak hadist yang beliau terima dari Nabi. Mengingat terdahulunya beliau masuk Islam dan kedekatan serta kebersamaan dengan Nabi SAW. Adapun penyebab sedikitnya hadist dari beliau yang dapat dicatat, adalah karena kewafatannya terjadi sebelum tersebarnya hadist dan belum bangkitnya semangat para tabi'in untuk mengumpulkan serta memelihara hadist-hadist itu.

Murid-murid beliau


Sebenarnya ada banyak dari kalangan sahabat dan tabi'in yang pernah menimba ilmu dari beliau. Di antara yang paling masyhur adalah :
1. Sayyidatuna Aisyah (Putri beliau/istri Rasulullah SAW)
2. Abdurrahman (putra)
3. Umar bin Khattab
4. Ali bin Abi Thalib
5. Abdullah bin Amrin
6. Barro' bin 'Azib
7. Anas bin Malik
8. Abdullah bin Umar
9. Thoriq bin Syihab
10. Abu Hurairah
11. Abdurrahman bin Abi Hurairah
12. 'Aidz bin Umar

Kewafatan beliau


Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu anhu wafat pada malam selasa, antara maghrib dan isya, bulan Jumadil Akhir, tahun 13 Hijriah, pada usia 63 tahun. Ia dimaqomkan di kamar Nabi SAW berdampingan dengan jasad mulia Nabi. Masa kepemimpinannya adalah dua tahun tiga bulan sepuluh hari.

Semoga curahan Rahmat Allah senantiasa terlimpah kepada beliau dan kita semua. Dan semoga di akhirat nanti bisa berkumpul bersama Nabi, para sahabat, dan seluruh kekasih Allah. Aamiin.
 

Post a Comment for "Biografi singkat Sayyidina Abu Bakar Assiddiq ra"