Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi singkat KH. Ali Nordin (Guru Cangkering)


Tuan Guru H. Ali Nordin atau yang biasa disapa Guru Cangkering lahir di Rantau, pada tanggal 21 November 1936 M, atau bertepatan pada 14 Ramadhan 1355 H. Beliau dilahirkan dari pasangan Tuan Guru H. Ghazali dan Hj. Zahrah. Ayahnya adalah seorang ulama yang cukup dikenal masyarakat Rantau, hingga tak heran, sejak kecil Guru Ali Nordin sudah dididik dengan pendidikan agama. Sebenarnya beliau diberi nama Ilmi. Namun, nama tersebut hanya bertahan selama 12 tahun. Ketika beliau duduk di bangku kelas 4 Sekolah Rakyat (SR), beliau meminta orangtuanya untuk mengganti namanya menjadi Ali Nordin, dan nama itulah yang melekat pada diri beliau hingga wafat. 

Riwayat Pendidikan

Pendidikan pertama beliau didapat dari kedua orang tuanya sendiri. Kemudian, beliau melanjutkan pendidikan di Sekolah Rakyat (SR) yang ia tempuh selama 6 tahun. 
Di antara Guru-guru beliau di Sekolah Rakyat adalah :
Guru kelas 1 : H. Matali
Guru kelas 2 : Abdul Galib
Guru kelas 3 : Anwar
Guru kelas 4 : Abu
Guru kelas 5 : Abu
Guru kelas 6 : Fithri

Setelah tamat Sekolah Rakyat, beliau melanjutkan ke Pondok Pesantren Darussalam. Di antara guru-gurunya di tingkat Ibtida'iyah adalah :
Tuan Guru Syahban
Tuan Guru H. Jahri
Tuan Guru H. Jahri

Guru-guru di tingkat Tsanawiyah

Tuan Guru H. Salman Djalil
Tuan Guru H. Semman Mulya
Tuan Guru H. Salim Ma'ruf

Selain belajar di lingkungan pondok pesantren, beliau juga belajar dengan mendatangi guru-guru secara khusus. Di antaranya adalah :
Tuan Guru H. Abdul Qadir Hasan
Tuan Guru Abdul Murad
Tuan Guru H. Saleh
Tuan Guru H. Ramli Ahwad

Selama di Martapura, beliau juga memperdalam ilmu kepada Al Alim Al Allamah KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Beliau juga pernah belajar di Krapyak (Yogyakarta), dan di Makkah al mukarromah. 

Baca juga : Mengenal sosok Syekh Kasyful Anwar Al-Banjari

Pengembangan Syi'ar Islam

Setelah pengembaraan panjang dalam menuntut ilmu, beliau pulang ke kampung halaman. Sebagaimana ayah beliau yang sering mengisi pengajian di berbagai tempat, begitu juga beliau. Tuan Guru H. Ali Nordin membuka pengajian di kediamannya di Cangkering yang diikuti oleh kaum ibu-ibu setiap Sabtu malam. Kemudian bertempat di Masjid Darussalam Cangkering setiap hari Rabu sore. Majlis itu beliau namai "Majlis Ta'lim Ratib Al-Haddad. Selain memberikan kajian agama di kediaman sendiri dan di mesjid dekat rumah, beliau juga rutin memberikan kajian di berbagai tempat yang dihajatkan orang, baik di langgar, mesjid, atau Instansi pemerintahan. 

Ia juga sering mengisi kajian di luar Kabupaten Tapin. Ia berdakwah bukan hanya di daerah perkotaan, atau kampung ramai penduduk, terkadang ia juga berdakwah ke daerah-daerah terpencil yang sulit diakses. Untuk bisa menuju desa terpencil itu, beliau terkadang harus menempuhnya dengan mengendarai kelotok, bahkan jalan kaki sekalipun. 

Di tengah kesibukannya berdakwah, beliau tetap istiqomah mengaji kepada KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, di Sekumpul, Martapura. 
Tuan Guru H. Ghazali (Ayah KH. Ali Nordin) 

Mendirikan Lembaga Pendidikan

Pada sekitar tahu 2000 banyak remaja yang berdomisili di kelurahan Rantau kanan dan sekitarnya belajar ilmu tauhid kepada KH. Ali Nordin. Melihat semangat para anak muda tersebut, beliau tergugah untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang secara khusus mempelajari ilmu-ilmu agama. Maka bermusyawarahlah beliau dengan para tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat, maka dihasilkan kesepakatan untuk mendirikan pesantren yang dinamai "Pondok Pesantren Ummu Salamah."

Untuk mempercepat pembangunan, panitia bergerak mengumpulkan dana. Bantuan datang dari Gubernur Kalimantan Selatan waktu itu, dari Bupati Kab. Tapin, dan Bupati Kab. Tabalong, dan dari masyarakat dermawan. Pada bulan Juli, tahun 2000, Pondok Pesantren Ummu Salamah resmi berdiri, dan KH. Ali Nordin bertindak sebagai pengasuh. 

KH. Ali Nordin/Guru Cangkering (Baju biru di tengah) 
KH. Munawwar Ghazali/Guru Kubah (bersorban hitam) 
Tuan Guru Hasbullah/Guru Mandurian (Baju putih, berpeci hitam dengan tongkat) 



Riwayat Pekerjaan

Pekerjaan yang beliau emban semasa hidup, mencerminkan kecerdasan yang kemudian dipercaya secara kharismatik, sehingga beliau mampu melaksanakan pekerjaan itu dengan baik. 
Di antara pekerjaan yang bernah beliau emban adalah :
1. Kepala Madrasah Darussalam ( 1957-1968)
2. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rantau (1968-1975)
3. Anggota Brigadir Mobil (Brimob) (1962-1971)
4. Pegawai Kantor Departemen Agama Rantau
5. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tapin
6. Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tapin

Berpulang ke Rahmatullah

Tuan Guru H. Ali Nordin beberapa kali masuk rumah sakit dikarenakan penyakit. Walaupun dalam keadaan sakit, beliau masih rutin memberikan pengajian, walau dalam keadaan sakit-sakitan. Setelah beberapa hari dirawat di rs. Datu Sanggul Rantau, beliau meminta agar dibawa ke rumah. 

Tepat pada pukul 24.00 malam senin tanggal 5 Desember 2005 atau Jumadil Awwal 1421 H, beliau menghembuskan nafas yang terakhir menghadap ke hadirat Allah SWT. Beliau dimakamkam di samping masjid Darussalam pada siang Senin jam 15.30 sore menjelang shalat fardu ashar. Semoga beliau mendapat surahan Rahmat dari Allah dan kita semua mendapat petunjuk senantiasa. Aamiin. 

Wallahu a'lam

Post a Comment for "Biografi singkat KH. Ali Nordin (Guru Cangkering) "